4AS a subliminal overview

.

4as itu secara garis besar adalah 4 orang anak muda yang dalam petualangannya sering pake mobil yang sedikit lebih maju dari yang dipake flintstone. Dimana karakter Bouffi yang tukang makan dan gemuk biasanya harus genjot mobil tolol mereka yang disebut “Tropille”.

.

.

Selain Bouffi yang tukang makan, lamban dan bodoh, karakter 4as yang lain adalah Lastic, yaitu tipe pemimpin nyebelin, Doc yang Geek plus terlalu sok mikir, Dina yang centil, kurus dan hobi nangis serta Oscar yang kecil dan selalu membuntuti semua petualangan mereka, eh bentar coba diitung : Bouffi, Lastic, Doc, Dina & Oscar ada 5 donk? Harusnya kan 5as kok cuman 4?

.

.

Well ini yang gua yakin bikin publishing Hachette di taun 57 lebih milih nge-publish 5 sekawan karya Enid Blyton dibanding cerita 4as sebagai novel remaja. Soalnya si George Chaulit penulis cerita 4as ini sebenernya nge-pitch cerita 4as buat jadi novel, malah dari taun 57 ampe 62 sebenernya udah ada 6 novel 4as ini.

.

.

Gua bisa ngebayangin dulu pas lagi pitch ama Hachette Publishing, si George Chaulet dengan yakin cerita pas present : “jadi karakternya adalah 1. Lastic 2. Doc 3. Bouffi 4. Dina 5. Oscar dan kita sebut mereka 4as….” yang langsung disamber petinggi Hachette dengan : “ 4as??? WTF..harusnya lo namain geng ini 5 as mereka kan berlima tolol”. Gagal bikin 4as jadi novel sehebat 5 sekawan hanya gara-gara seekor anjing bikin George Chaulit nyuruh Francois Craenhals gambar buat diterbitin ama Casterman Publishing jadi komik 4as yang kita kenal ini.

Dari semua koleksi komik gua, seri 4as yang aslinya keluaran Prancis ini adalah yang paling sering gua baca dibanding komik-komik gua yang lain. Ceritanya dari seri-seri yang gua tau keluar di Indonesia buat gua tolol dan menyenangkan banget, karena cuma tentang 4 anak muda yang selalu nemuin petualangan-petualangan aneh pas kongkow-kongkow atau jalan-jalan.

.

.

Gua ngerasa usaha dari George Chaulit untuk ngebangun karakter 4 orang ini sebenernya terlalu klise. Lucu sih, tapi ya ketebak jadinya. Yang gua senengin dari semua karakter 4as justru karakter Oscar si anjing yang suka dikasih bubble talk, ini bikin dia keliatan punya attitude yang beda dibanding 4 tokoh lainnya, komentar-komentar si Oscar sebagai seekor anjing gua pikir sangat brilyan karena selalu engga percaya dengan ke4 teman manusianya.

Sebagai sebuah subliminal Overview, yang masih nyisa di otak gua dari seri 4as bukanlah cerita atau karakter-karakternya. Tapi lebih ke kendaran serta alat-alat aneh yang suka nongol gak terduga.  Lo bayangin deh, di jaman yang engga ada blog techie kayak engadget & Gizmodo, 4as adalah komik yang memuaskan keingintahuan gua akan alat-alat modern di jaman itu. Kita disuguhi dengan teknologi mobil amfibi, robot remote control, semacam helicopter untuk satu orang, meja makan untuk di air dll

.

.

Kalo diliat lagi sebenernya gaya 4as adalah gaya slapstik film bisu taun 20an, yah semacam versi statis oldschool dari OVJ  dengan orang-orang bule sebagai pemerannya. Standard slapstic ya lo tau deh, muka kebakar, jatoh, kepleset dan banyak hal-hal tolol lainnya yang sebenernya udah disempurnakan srimulat di tahun 80-an.

Ayo kita bahas satu satu petualangan 4as yang gua punya ya :

.

1. Sapi keramat

Nah di sapi keramat ini ceritanya gerombolan 4as yang lagi liburan di peternakan pak Campville di Normandia harus bertualang mencari sapi dengan tanda bintang hitam di dahinya yang bernama Parquerrette, dimana sapi ini diculik Baghar dan Khafar. Kendaran yang mereka gunakan untuk keliling-keliling Normandia dalam petualangan ini adalah “Tropille” yaitu mobil genjot andalan mereka. Panel cerita paling gua inget dari cerita ini adalah pas si Bouffi yang terperangkap dalem kereta barang ama si sapi, nusuk si sapi pake garpu plastik yang bikin si Baghar dan Khafar di tendang si sapi.

.

.

2. Tamu tengah malam

Ceritanya gerombolan ini mau menolong 2 nenek kembar bernama Geraldine dan Adelle yang punya rumah berhantu. Usut punya usut ternyata hantu-hantu itu adalah hantu kapitalis yang membuat gerombolan ini menjadi pekerja sweatshop untuk membuat uang palsu. Gadget menarik diseri ini adalah jebakan hantu yang gagal dan sepeda bernama SPAREDOCLAS. Panel paling gua inget di cerita ini adalah pas Bouffi pergi ke toko cat untuk ngilangin cat yang belepotan di sepatunya.

.

.

3. Sang naga laut

Nah ini ceritanya udah mulai kompleks kayak kebanyakan cerita Eropa, intinya mereka liburan ke pantai dan nemuin buku tentang sang naga laut yang ada hubungannya dengan harta karun dari pembajak yang tenggelam disekitar situ. Gadget yang ada di cerita ini paling gua inget tuh tempat naro makan buat bawa makanan sambil berenang.

.

.

4. Pesawat amphibi

Nah ini harusnya jadi cerita tribute buat Wright bersaudara. Ceritanya gerombolan ini mau bikin pesawat dari benda-benda pulungan eh malah ditawarin bikin pesawat amphibi yang kemudian dicuri seorang prancis sinting yang punya fetish ama Napoleon. Ini emang rada absurd buat buku anak-anak di Indonesia tapi gua yakin anak-anak Prancis akan nganggep ini lucu sekali. Gadget disini lumayan banyak lo, dari pesawat kaleng rombeng hingga pesawat amphibi.

.

.

5. Harta Karun Para Kaisar

Ini juga salah satu cerita 4as yang seru. Disini kita diperkenalkan dengan karakter pencuri ksatria bernama Anselme Rupin yang punya istana rahasia berbentuk botol Champagne. Ada juga sih karakter ngeselin seorang bekas bangsawan Rusia yang jadi hermit tapi dia kayaknya gak terlalu menarik untuk kita bahas disini. Intinya adalah tentang harta yang dicuri oleh Rupin dimana gerombolan ini berusaha merebutnya kembali…dan gagal.

.

.

6. Burung Kuruku

Yang ini cerita berbau-bau spionase, sebuah cerita James Bond culun akan senjata pemusnah massal yang berasal dari burung Kuruku asal Venezuela yang gak tau gimana ceritanya bisa nyasar di Eropa. Yang seru dari cerita ini adalah kapal bekas yang digunakan dalam petualangan ber-setting sungai di Eropa ini.

.

.

7. Piala Emas

Imajinasi bocah puber yang pengen jadi sutradara dipuaskan lewat cerita ini. Alurnya sebenernya ada beberapa cerita, yang dengan ciamik bisa digabungkan dengan baik. Yang pertama 4as pengen bikin film untuk disertakan ke sebuah lomba. Yang kedua sebuah agen mata-mata terekam dalam film yang dibikin gerombolan ini. Yang terakhir karakter Jo Jangkung & Louis Kecil yang disuruh sang mata-mata merampas film 4as. Sebuah skenario komik yang lebih baik dari gabungan 100 script cerita sinetron neh kayaknya?

.

.

8. Rally Olimpiade

Kisah petualangan gerombolan ini saat mengikuti Rally absurd yang diikuti mahluk-mahluk absurd haus kemenangan seperti si topeng merah, pasangan Jepang Tokyo & Kyoto, Bangsawan Horbourgh dari Inggris, Jolly Hollynightg yang bintang film ternama, Rizotto dari Italia dll. Sebenernya yang ini lebih ke cerita misteri siapa di balik si topeng merah yang curang terus sepanjang komik ini.

.

.

Sebenernya seri 4as ini di Prancisnya sendiri masih banyak judulnya. Tapi yang keluar di Indonesia setau gua cuman segini. Atau ada orang diluar sana yang punya judul-judul lain versi 4as keluaran INDIRA ini? sebagai penutup ini adalah judul-judul seri 4as yang keluar di Prancis, perhatiin deh beberapa judulnya, makin absurd kayaknya petualangan mereka : The 4 Aces and the Flying Dutchman ( 1978 ), The 4 Aces and the aliens ( 1993 ) dll

1 The 4 Aces and the Sea Serpent ( 1964 )

2 Les 4 As et l’aéroglisseur ( 1964 ) : The 4 aces and the hovercraft

3 Les 4 As et la vache sacrée ( 1964 ) : The 4 Aces and the sacred cow

4 Les 4 As et le visiteur de minuit ( 1965 ) : The 4 Aces and the visitor from midnight

5 Les 4 As et le couroucou ( 1966 ) : The 4 Aces and couroucou

6 Les 4 As et la coupe d’or ( 1967 ) : The 4 Aces and the golden cup

7 Les 4 As et le dragon des neiges ( 1968 ) : The 4 Aces and the Snow Dragon

8 Les 4 As et le rallye olympique ( 1969 ) : The 4 Aces and the Olympic rally

9 Les 4 As et l’île du robinson ( 1970 ) : The 4 Aces and the island of Robinson

10 Les 4 As et le tyran ( 1971 ) : The 4 Aces and the Beast

11 Les 4 As et la ruée vers l’or ( 1973 ) : The 4 Aces and the Gold Rush

12 Les 4 As et le Picasso volé ( 1974 ) : The 4 Aces and the Picasso stolen

13 Les 4 As et la bombe F ( 1975 ) : The 4 Aces and the F bomb

14 Les 4 As et la saucisse volante ( 1976 ) : The 4 Aces and the Flying Sausage

15 Les 4 As et le gang des chapeaux blancs ( 1977 ) : The 4 Aces and the gang of white hats

16 Les 4 As et le vaisseau fantôme ( 1978 ) : The 4 Aces and the Flying Dutchman

17 Les 4 As et le diamant bleu ( 1979 ) : The 4 Aces and the blue diamond

18 Les 4 As et la licorne ( 1980 ) : The 4 Aces and the Unicorn

19 Les 4 As et l’iceberg ( 1981 ) : The 4 Aces and the Iceberg

20 Les 4 As et le château maléfique ( 1982 ) : The 4 Aces and the evil castle

21 Les 4 As et le trésor des Tsars ( 1983 ) : The 4 Aces and the treasure of the Tsars

22 Les 4 As et le hold-up de la Big Bank ( 1984 ) : The 4 Aces and the holdup of the Big

Bank

23 Les 4 As et le magicien ( 1985 ) : The 4 Aces and the Magician

24 Les 4 As et le secret de la montagne ( 1987 ) : The 4 Aces and the secret of the Mountain

25 Les 4 As et la déesse des mers ( 1988 ) : The 4 Aces and the goddess of the seas

26 Les 4 As et la navette spatiale ( 1989 ) : The 4 Aces and the Space Shuttle

27 Les 4 As et le requin géant ( 1990 ) : The 4 Aces and the giant shark

28 Les 4 As et l’empire caché ( 1991 ) : The 4 Aces and the Hidden Empire

29 Les 4 As et le mystère de la jungle ( 1992 ) : The 4 Aces and the mystery of the jungle

30 Les 4 As et les extraterrestres ( 1993 ) : The 4 Aces and the aliens

31 Les 4 As et le fantôme du mont Saint-Michel ( 1994 ) : The 4 Aces and the ghost of Mont

Saint-Michel

32 Les 4 As et le robot vandale ( 1995 ) : The 4 Aces and the robot Vandal

33Les 4 As et l’Atlantide ( 1996 ) : The 4 Aces and Atlantis

34Les 4 As et les sorcières ( 1997 ) : The 4 Aces and the Witches

35 Les 4 As et les dinosaures ( 1998 ) : The 4 Aces and the dinosaurs

36 Les 4 As et la momie ( 1999 ) : The 4 Aces and the Mummy

37 Les 4 As et les fantômes ( 2000 ) : The 4 Aces and the Ghosts

38 Les 4 As et le monstre des océans ( 2001 ) : The 4 Aces and the monster of the oceans

39 Les 4 As et Halloween ( 2002 ) : The 4 Aces and Halloween

40 Les 4 As et le loup de Tasmanie ( 2003 ) : The 4 Aces and the thylacine

41 Les 4 As et le Grand Suprême ( 2004 ) : The 4 Aces and the Grand Supreme

42 Mission Mars ( 2005 ) : Mars

43 La balade des 4 As ( 2007 ) : Shiny 4 Aces

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to 4AS a subliminal overview

  1. harryd says:

    i’m a big fan too…!! some books are still sold at flea/second-hand markets. unfortunately, there are only first ten or something in the series which has been made into indonesian language version. those available in the net are in french, yet worth “telechargé” 🙂

  2. Tukang makan says:

    Masih ada pulau Robinson dan Pencurian Lukisan Picasso.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s