seri KISAH PETUALANGAN ANTAR GALAKSI

.

.
Nah sebenernya gua rada bingung memulai secara gak tau gimana ceritanya antara komik KRANE dan dua seri komik KRONOS bisa digabung sama INDIRA terus dinamain : KISAH PETUALANGAN ANTAR GALAKSI, soalnya secara teknik ilustrasi ataupun cerita sebenernya mereka tuh beda banget…..

Kalo gua ambil kesimpulan ini cuma berarti satu hal : Strategi marketing dagang dari taun 80-an ampe hari ini kagak beda jauh… Dijadiin satu paket! biar ringkes jualnya!!

Nah seri komik KISAH PETUALANGAN ANTAR GALAKSI ini terdiri dari 3 cerita komik : 1. KRANE si Pemburu Pembajak, 2. KRONOS (Ultimatum) & 3. Menuju KRONOS.

.

.

Oke yang pertama kita ngebahas KRANE.

.

KRANE adalah komik yang amat sangat mencengangkan, ilustrasinya, digambar oleh seorang Manusia bernama LIONEL BRET (Biar singkat kita panggil dia LB) yang mendedikasikan diri untuk menggambar panel-panel cerita yang dikemudian hari jadi legenda bagi orang2 kayak gua.

Gua mau bilang di postingan ini kalo KRANE adalah komik yang bikin gua ngambil kertas ama pensil dan ngegambar pesawat ruang angkasa, yang walau hasil jadinya lebih mirip tong sampah terbang, tetep aja bikin gua kepincut ama dunia gambar-menggambar hingga hari ini.

.

.

KRANE  adalah sebuah pencapaian ilustrasi yang melampaui jamannya,   ilustrasi dan mood visual komik ini dijaga dengan sangat ciamik oleh LB,  KRANE adalah sebuah masterpiece secara visual. Meski demikian, kekurangan besar komik ini ada di tangan  J.P GOURMALEN sebagai penulis script, dimana dia cuma nulis pengulangan kisah-kisah sampah yang cuma cocok buat bungkus kacang, untung ada LB yang bener-bener naikin derajat komik ini dari hampir masuk lubang kakus, hingga menjadi satu karya yang bisa terbang melambung ke nirwana.

.

.

Teknik yang dipake LB ini emang canggih, gua gak tau pake apaan dijaman itu gambarnya?? Bahkan kalo gw liat lagi dijaman digital ini belum ada yang ngedeketin pencapaian teknis LB di KRANE, cerita kacrut tentang pembajak angkasa dan pembalasan dendam di KRANE disulap LB menjadi jejeran panel-panel komik terfilmis yang pernah gua liat.

.

.

Sedikit masalah teknis yang bisa gua tunjuk-tunjuk di KRANE yang sebenernya termaafkan adalah pada karakter cowok di komik ini hampir semuanya gondrong hippies dengan baju ketat, tapi gua merasa wajar secara LB harus menggambar lebih dari 48 halaman script J.P GOURMALEN yang kacrut, jadi wajar kalo LB harus mabuk LSD dengan para hippies yang kemudian dijadikannya panutan reference karakter laki-laki KRANE.

.

.

Secara flow LB membagi cerita menjadi panel-panel gambar yang spektakular. Bahkan perubahan mood warnanya sangat luar biasa, diawali dengan warna opening cerita yang didominasi dull color abu-abu seolah-olah kenangan masa lalu, untuk kemudian dibawa ke kebun mawar KRANE distasiun ruang angkasa kebiruan, rongsokan kapal berkarat, kokpit metalik dan putih yang pastinya disukain apple fanboy, kabut beracun merah, Planet Sibala yang kaya warna, hingga planet beer yang serba putih tertutup salju.

.

.

Sebagai penutup gua selalu wondering kenapa KRANE cuman ada satu buku doank, Tapi jawabannya mungkin jelas : Scriptnya yang kedua pasti lebih kacrut dari yang pertama. Jadi mungkin KRANE hanya perlu ada satu aja, sebagai yang pertama dan terakhir dari pencapaian masterpiece di jagad ilustarasi komik.

.

.

Nah berikutnya adalah KRONOS

.
Kebalikan dari KRANE, KRONOS sebagai buah karya H FILIPPINI dan P.L DUPUIS menghadirkan cerita penuh sub plot akan sisa-sisa manusia di masa depan yang tinggal di satelit besi bernama Terra dan ingin kembali ke bumi yang sebelumnya mereka tinggalkan. Dengan karakter-karakter berwarna seperti sang Jagoan Virgil Speed, sidekicknya Timor serta Parvence si gadis bumi yang cantik dan cekatan, dan jangan lupa juga para mahluk KRONOS yang digjaya dan berteknologi tinggi.

.

.
Meski secara teknis jauh lebih simple dari KRANE, ilustrasi KRONOS dikerjakan oleh P.L DUPUIS yang juga mengerjakan ilustrasi untuk SEJARAH PERANG DUNIA II DALAM GAMBAR yang menjadi koleksi komik kebanggaan gua. Beberapa karakter yang gua inget dengan sangat baik di ilustrasikan oleh P.L DUPUIS dalam KRONOS adalah gang motor “Crack baby” dan ribuan peti mati angkasa yang memenuhi angkasa. Mungkin hanya satu kata yang tepat menggambarkan karya gambar P.L DUPUIS : Angle-angle maut! Adegan pertempuran dikoreografi P.L DUPUIS sebagaimana Jackie Chan mengkoreagrafi adegan perkelahian di film Hongkong.

.

 .

Plot cerita yang kompleks dari KRONOS sebenernya dapat disingkat menjadi usaha manusia yang harus meninggalkan bumi untuk pindah ke planet KRONOS sih. Tapi banyak cerita sampingan yang menarik yang bikin cara bertutur H FILIPPINI bisa gua acungin jempol.

Secara keseluran KRONOS punya mood berantakan” yang asik, dimana cerita dan eksekusi gambar saling mengisi dengan baik. Kalo lo suka genre Sci-Fi, ini sebuah koleksi cerita dan gambar yang sangat worthed masuk koleksi lo. Secara cerita seri KRONOS ini terdiri dari 2 seri yakni KRONOS : Ultimatum & MENUJU KRONOS*

.

.

Jadi kalo masih bisa nemuin, simpen baik-baik deh seri KISAH PETUALANGAN ANTAR GALAKSI ini, KRANE & KRONOS adalah sebuah harta karun dari era celana baggy yang gak kalah ciamik dengan karya modern masa ini

UPDATE BLOG : Eh eh eh baru aja Omuniuum update  Tumblr  tentang koleksi komik-komik yang mereka jual, ayo pada main kesana siapa tau nemu harta karun  : ++ Omuniuum ++ Ciumbuleuit 151 B lt.2 Bandung 40141 022-2038279 087821836088 http://omuniuum.net

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

14 Responses to seri KISAH PETUALANGAN ANTAR GALAKSI

  1. Deny Suntoro says:

    gw suka banget sama komik kronos dan menuju kronos….

    kalo yang krane gw belom pernah baca…

  2. Defender Of The Earth says:

    pernah punya menuju kronos dan krane.. ceritanya seru.. setuju klo krane gambarnya keren bangettt…
    tapi dua buku komik itu udah hilang semua.. 😦

  3. sikoni says:

    Ah gila kok gw gak pernah liat Krane ya… Kacau bener sih masa kecil gw. Memalukan… Minjem dong Jal.

  4. Oh, Krane. Itu komik favorit saya waktu kecil. Sialnya, dihilangkan teman SD saya. Saya sampe ngajak berkelahi teman saya yang ngilangin Krane. Akhirnya dilerai oleh teman-teman. Lalu saya suruh ganti uang dia.

  5. hanung says:

    diupload donk mas, yg krane pemburu pembajak
    biar gue bisa download
    hehehehe…..

  6. erick says:

    masih ada komiknya gak? di jual gak bro ?

  7. aligo says:

    gw dulu punya krane.gambarnya memang luar biasa hampir seperti film,waktu dia ke bar dan bertemu dengan banyak mahluk setempat,gambarnya keren,dugaan gw dia pake air brush. gw memang cari komik ini lg,makanya sampe kesini.dulu aja komik ini enggak laku.makanya jarang

Leave a Reply

